Jumat, 04 Januari 2013

Seputar Miom

Penjelasan sedikit tentang penyakit miom.?
Miom adalah tumor jinak otot dinding rahim yang muncul pada wanita di masa reproduksi, Miom dapat muncul didalam atau di luar rahim atau dalam otot dinding rahim miom biasanya tumbuh dari satu sel otot kecil yang terus berkembang awalnya adalah gangguan fungsi saraf yang disebabkan gangguan hormon estrogen serta emosi yang tidak seimbang, Gangguan fungsi saraf itu kemudian menyebabkan kesalahan bentuk otot didalam rahim.
Gejala awal penyakit miom
  1. Sering tanpa gejala
  2. Nyeri saat menstruasi
  3. Nyeri diperut bagian bawah
  4. Nyeri pada saat berhubungan badan
  5. Nyeri pada punggung terkadang menjalar sampai kekaki
  6. Terkadang disertai nyeri pada saat buang air kecil dan/buang air besar
  7. Siklus menstruasi tidak teratur, Bisa juga jumlah darah yang keluar
Mungkin anda belum tau bahwa jumlah penderita penyakit miom itu semakin bertambah, Meskipun belum diketahui secara akurat karena rata-rata banyak yang tidak merasakan keluhan sehingga tidak segera memeriksa penyakit tersebut, Namun diperkirakan sekitar 20-30% terjadi pada wanita berusia di atas 35 tahun.
Awal mulanya penyakit miom ini disebabkan berasal dari otot polos rahim, Beberapa teori menyebutkan pertumbuhan tumor ini disebabkan rangsangan hormon estrogen, Pada jaringan mioma jumlah reseptor estrogen lebih tinggi dibandingkan jaringan otot kandungan (miometrium) sekitarnya sehingga mioma uteri ini sering kali tumbuh lebih cepat daripada kehamilan (membesar pada usia reproduksi). Dan biasanya berkurang ukuranya sesudah menopause, (mengecil pada pascamenopause). Berdasarkan lokasinya miom uteri itu dibagi menjadi bermacam-macam seperti tumbuh di pertumbuhan tetap didalam dinding rahim, Pertumbuhan ke arah rongga rahim, Pertumbuhan ke arah permukaan dinding rahim.
Untuk itu penting artinya untuk selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan anda, gunakan sabun khusus ataupun tisue basah khusus buat organ vital anda .
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar